Februari 11, 2019

berteman yang baik dan yang buruk

100% ATAU TIDAK USAH SAJA…


Diantara pekerjaan besar yang harus dilakukan oleh para kiyai, ustadz, atau dai ialah bercokolnya pemikiran : 100% kawan, bila tidak maka 100 % musuh.
Ketika ada kawan berbuat jujur sekali, buru buru dibongkar sepuluh kebohongannya, bukannya diapresiasi kejujurannya agar esok ia kembali jujur.

Ketika ada kawan berbuat kebaikan, buru buru sebagian kita mengekspos kesalahan kawan tersebut, bukannya didorong agar semakin baik.
Izinkan saya bertanya: adakah dari Anda yang saat ini telah menjadi orang baik 100%.? Atau adakah dari Anda yang sekali berbuat baik tiada lagi pernah melakukan kesalahan lagi.?

Sadarilah sobat! Mencari musuh tuh mudah, menjadikan kawan berubah menjadi musuh juga ringan, namun menjaga persahabatan dan merubah musuh menjadi kawan, itulah pekerjaan besar yang harus Anda upayakan dan perjuangkan. Allah Taala berfirman:
ادفع بالتي هي احسن فاذا الذي بينك وبينه عداوة كأنه ولي حميم وما يلقاها الا الذي صبروا وما يلقاها الا ذو حظ عظيم
Balaslah dengan cara cara yang lebih baik, niscaya orang yang memusuhimu segera berubah menjadi pembelamu yang setia. Dan tiada yang kuasa melakukan hal itu kecuali orang orang yang bersabar dan tiada yang kuasa melakukannya kecuali orang yang mendapatkan bagian besar (dari karunia Allah) .( Fusshilat 34-35)

Ya Allah, satukanlah hati ummat ISLAM di atas iman dan akidah yang benar, bersihkan jiwa kami dari kedengkian kepada sesama muslim. Amiin.
Muhammad Arifin Badri,  حفظه الله

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berikan pesan kritik saran yang membangun.terima kasih