Januari 05, 2019

ALIF LAM MIM


QS. Al-Baqarah Ayat 1*

_Alif laam miin [10].

artinya 

 Ialah huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan sebagian dari surat-surat Al-Quran seperti : alif laam miim, alif laam raa, alif laam miim shaad dan sebagainya.
Di antara ahli-ahli tafsir ada yang menyerahkan pengertiannya kepada Allah karena dipandang termasuk ayat-ayat mutasyaabihaat, dan ada pula yang menafsirkannya. Golongan yang menafsirkannya ada yang memandangnya sebagai nama surat, dan ada pula yang berpendapat bahwa huruf-huruf abjad itu gunanya untuk menarik perhatian para pendengar supaya memperhatikan Al-Quran itu, dan untuk mengisyaratkan bahwa Al-Quran itu diturunkan dari Allah dalam bahasa Arab yang tersusun dari huruf-huruf abjad. Kalau mereka tidak percaya bahwa Al-Quran diturunkan dari Allah dan hanya buatan Muhammad ﷺ semata-mata, maka cobalah mereka buat semacam Al-Quran itu.
*Tafsir :*
Alif Lam Mim, ini adalah huruf-huruf yang terpenggal yang hadir di awal beberapa surat, mengandung isyarat kepada kemukjizatan al-Quran.
Al-Quran menantang orang-orang musyrikin dan mereka tidak kuasa menentang nya.
Al-Quran hanya tersusun dari huruf-huruf tersebut di mana bahasa Arab juga tersusun darinya. Ketidakmampuan orang-orang Arab untuk membuat yang semisal dengan Al-Quran (padahal mereka adalah orang-orang yang paling fasih) membuktikan bahwa al-Quran merupakan wahyu dari Allah.
```*****```
_📝 Admin Info Islam_
_Sumber : ibnuumar.sch.id_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berikan pesan kritik saran yang membangun.terima kasih