Agustus 24, 2018

lisan omongan yang harus di jaga 2018

Hati-hati jaga lisan, pikir-pikir jangan asal bicara tentang perkara yang tidak berfaedah apalagi ghibah atau malah berucap dengan kalimat-kalimat yang mendatangkan murka Allah. Astagfirullah, timbang-timbang lagi sebelum berucap. Kebanyakan maksiat masuk kedalam diri seorang hamba melalui empat pintu, salah satunya adalah "Ucapan"
.
Lisan menunjukkan apa yang terdapat di dalam hati, baik pemiliknya suka maupun tidak.
.
Rasulullah shallallahu wa sallam ditanya tentang perkara yang paling banyak memasukkan manusia ke neraka, lalu beliau menjawab "mulut dan kemaluan" (HR. At-Tirmidzi no. 2004)
.
Termasuk keanehan, bahwasanya seseorang mudah dalam menjaga diri dari memakan barang haram, berbuat zhalim, berzina, mencuri, minum khamr, dsb tetapi dia sangat sulit dalam menjaga lisannya.
.
"Jika seorang hamba memasuki pagi hari, seluruh anggota tubuhnya menyerahkan segala urusan kepada lisan, seraya berkata. "Bertakwalah kepada Allah dalam urusan kami karena kami bergantung padamu. Jika engkau lurus, kami akan lurus. Namun, jika engkau bengkok, maka kami juga bengkok."
(HR At-Tirmidzi no. 2412, sanad Hasan)
.
Sungguh, pada hari kiamat nanti, ada seorang hamba yang datang membawa berbagai kebaikan sebesar gunung, tetapi dia telah mendapatkan lisannya telah menghancurkan semua itu. Ada pula yang datang membawa keburukan sebesar gunung tetapi lisannya telah lisannya telah menghancurkan semua itu, yaitu dengan banyak berdzikir kepada Allah dan hal-hal semisalnya.
Wallahu a'lam.
.
Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berikan pesan kritik saran yang membangun.terima kasih